Layanan Telemedisin SiCepat Terpacu Oleh Lonjakan Kasus Omicron

 Layanan telemedisin perusahaan kurir SiCepat Ekspres terpacu oleh melonjaknya kasus Covid-19 varian Omicron belakangan ini.

Sejak 2021 perusahaan ini telah mendistribusikan 266.631 paket obat berdasarkan data per 22 Feb 2022, untuk pasien isoman secara gratis melalui program Telemedisin.

Hingga saat ini, distribusi obat dan vitamin gratis dari layanan Telemedisin ini telah mencakup wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Lampung, Palembang, Medan, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, hingga Manado.

Sementara, kerjasama pengiriman obat gratis oleh SiCepat Ekspres ini telah berlangsung sejak Juli 2021.

Berdasarkan data GISAID, lembaga penelitian dari Jerman yang meneliti kasus Covid-19, di Indonesia telah mencapai 6.505 kasus per Selasa, 22 Februari 2022. Varian Omicron di Indonesia ini memiliki selisih 248 kasus dibandingkan hari sebelumnya.

Baca juga :  Penyebab Dan Gejala Infeksi Paru-paru, Batuk Disertai Lendir Kental Dan Sesak Napas

Secara mingguan, kasus di Indonesia ini tumbuh 7,34 persen dan sepanjang Januari-Februari 2022, SiCepat Ekspres telah mendistribusikan 221.748 paket obat gratis Telemedisin.

Kolaborasi ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian SiCepat Ekspres terhadap kasus Covd-19 varian
baru yakni omicron yang saat ini masih menjadi ancaman.

The Kim Hai, Chief Executive Officer SiCepat Ekspres menyampaikan, kolaborasi pemerintah dengan pihak swasta sangatlah dibutuhkan demi menekan angka penyebaran Covid-19 khususnya di 2022 ini.

“Gelombang covid-19 varian omicron yang saat ini semakin meningkat membuat SiCepat Ekspres semakin fokus dalam membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan. Kami siap memberikan support agar distribusi obat gratis ini dapat berjalan dengan baik ke seluruh pelosok Indonesia,” ujarnya.

Baca juga :  Apakah Gangguan Pendengaran Bisa Disembuhkan? Ini Penjelasan Dokter 

Harapanya, para pasien isoman dapat segera pulih dan hal ini juga dapat mengurangi beban para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan Covid-19. Layanan Telemedisin ini bisa dimanfaatkan pasien Covid-19 dengan melakukan tes PCR terlebih dulu di laboratorium yang terafiliasi Kemenkes RI.

Setelah itu, pasien isoman dapat melakukan konsultasi kesehatan gratis di 11 platform penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan rekomendasi resep obat.

Selanjutnya, pasien mengisi laman pemesanan obat di laman website Kemenkes RI. Perusahaan akan melakukan proses pick-up obat ke Apotek Kimia Farma dan mengirimkannya ke alamat pasien isoman secara gratis.

The Kim Hai mengatakan, perusahaannya juga telah mendistribusikan 1.303 koli atau setara 5.863 kg susu formula untuk anak dengan masalah gizi buruk terdampak Covid-19 di wilayah Kotawaringin dan Kolaka melalui program Stunting bersama Kemenkes RI.

Baca juga :  Pakar Nutrisi Jelaskan Manfaat Konsumsi Vitamin C Dan Kolagen Secara Bersamaan

Di program ini pihaknya memberikan support berupa pengiriman gratis dalam program tersebut pada bulan Februari 2022.

Perusahaannya juga berkolaborasi dengan Digiresto dan MaQan Food dalam program Makanan Isoman untuk menyediakan sebanyak 5000 makanan per hari secara gratis berupa voucher untuk pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang terdaftar serta berada dalam lingkup area Jabodetabek.