Tiga Besar Sakit Pasien Indonesia Yang Berobat Ke Malaysia: Kanker, Jantung Dan Problem Fertilitas

 Penyakit kanker, jantung hingga masalah kesuburan (fertilitas) memang menjadi sederet ‘permasalahan’ yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia.

Banyak diantara mereka yang memutuskan untuk menjalani pengobatan di dalam negeri.

Namun tidak sedikit pula yang memilih opsi lain yakni menjalani perawatan medis di negara lain yang dianggap memiliki kualitas pelayanan kesehatan kelas dunia.

Saat ini destinasi wisata medis bagi para pelancong yang memiliki kondisi ‘kesehatan khusus’ ini tidak hanya terbatas pada China, India, Thailand, Singapura hingga Korea Selatan (Korsel) saja, namun juga Malaysia.

Sebagai negara serumpun, Malaysia memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata medis favorit bagi pasien dari Indonesia.

Karena selain jaraknya yang lebih dekat lantaran merupakan negara tetangga, perawatan medis di negeri jiran ini juga memberikan penawaran dengan harga yang lebih terjangkau serta bahasa yang tentunya ‘bersahabat’ bagi mereka yang memiliki keterbatasan dalam penguasaan bahasa asing.

Chief Executive Officer (CEO) Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC), Mohd Daud Mohd Arif mengatakan bahwa ada sederet medical treatment yang menjadi incaran pasien dari Indonesia.

Baca juga :  Makan Enak Saat Lebaran, Bagaimana Hindari Kenaikan Berat Badan? Simak Penjelasan Dokter

Mulai dari onkologi yang terkait dengan penanganan pada pasien kanker hingga layanan untuk masalah kesuburan (fertilitas).

“Memang Malaysia adalah destinasi pilihan pengobatan dari masyarakat Indonesia. Diantara treatment-treatment yang mendapat perhatian itu onkologi, jantung, fertility, itu salah satu yang utama,” kata Daud, dalam press conference Malaysia Healthcare (MH) Expo 2022 di Pullman Jakarta Central Park, Jakarta Barat, Rabu (23/3/2022).

Ia menjelaskan, selain sederet permasalahan kesehatan itu, banyak pula wisatawan medis dari Indonesia yang hanya melancong ke negeri jiran untuk menjalani pemeriksaan kesehatan (general medical check up) demi mengetahui kondisi kesehatan mereka secara berkala.

“Selain itu, pemeriksan kesehatan juga yang high demand untuk pasien-pasien di Indonesia. Ini adalah treatment yang utama untuk (minat pasien) Indonesia,” jelas Daud.

Terkait wisata medis ini, MHTC kembali menghadirkan Malaysia Healthcare (MH) Expo 2022 untuk mengajak kembali wisatawan medis Indonesia menjalani perawatan kesehatan di Malaysia, seiring dengan akan dibukanya perbatasan negara itu secara penuh pada 1 April mendatang.

Baca juga :  5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan: Lancarkan Pencernaan Hingga Tingkatkan Kesehatan Jantung

Direktur Market MHTC untuk Indonesia, Farah Delah mengatakan bahwa event ini akan memberikan rekomendasi bagi pasien sesuai dengan penyakitnya.

“Dalam expo ini, kami bisa memberikan rekomendasi rumah sakit mana yang sesuai dengan penyakit yang diderita,” kata Farah.

Menariknya, dalam event kali ini, terdapat pula rumah sakit yang menawarkan layanan berupa long covid treatment bagi mereka yang mengalami kondisi ini.

Long Covid adalah kondisi saat seorang penyintas virus corona (Covid-19) masih terus mengalami gejala tersebut dalam waktu yang cukup lama, bahkan setelah dinyatakan negatif virus tersebut.

“Kami juga membawa 1 rumah sakit (yang menawarkan) long Covid treatment,” jelas Farah.

Sebelumnya, Malaysia telah menerima 670.000 kedatangan wisatawan medis dari Indonesia selama 2019.

MH Expo 2022 sedianya dihelat di Terra Atrium Central Park Mall, Jakarta Barat, pada 24 hingga 27 Maret 2022, pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Baca juga :  Sarapan Bisa Jadi Solusi Untuk Ciptakan Komunitas Sehat Dan Bugar

Sedangkan 10 rumah sakit anggota Malaysia Healthcare yang dipastikan hadir dalam event ini, meliputi :

1. Alpha IVF Group, yakni Alpha IVF Kuala Lumpur dan Genesis IVF Penang

2. Gleneagles Hospital Penang

3. Island Hospital Penang

4. KPJ Healthcare Berhad

5. Mahkota Medical Centre / Regency Specialist Hospital

6. Prince Court Medical Centre

7. Ramsay Sime Darby Healthcare

8. ReGen Rehab Hospital

9. Sunway Medical Centre

10. Thomson Hospital Kota Damansara / TMC Fertility

Empat perwakilan pariwisata Malaysia juga turut meramaikan event MH Expo 2022 di Jakarta, meliputi:

1. Tourism Malaysia

2. Tourism Johor

3. Tourism Selangor

4. Sarawak Tourism Board