Mind Diet, Menu Spesial Raih Mimpi, Kisah Tukul Arwana Jadi Panutan

Keterbatasan bukan halangan meraih mimpi. Mind Diet dalah trik untuk menggapai apa yang dicita-citakan.

Tema Mind Diet ini menjadi obrolan menarik dalam Webinar Nasional “Change Your Mindset To Make Your Dreams Come True” yang diadakan oleh Universitas Dharma Persada (Unsada) pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Dr. Firsan Nova, CEO Nexus Risk Mitigation and Strategic Communication, menceritakan ada seorang dokter wanita sukses yang suaminya tidak bekerja.

Kemudian, pasiennya bertanya kepada dokter tersebut, “Dok, kenapa sih dokter mau sama suami yang tidak bekerja?”

Dokter itu menjawab bahwa rasa tulus dan ikhlasnya menerima sang suami mengakibatkan rezekinya semakin mengalir.

Ini merupakan bagian dari Mind Diet yang dilakukan sang dokter untuk mengubah kenyataan yang ia rasakan untuk semakin giat dalam bekerja.

Webinar yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen Unsada, dihadiri lebih dari 160 peserta.

Pada kesempatan ini, Dr. Firsan Nova juga ditemani oleh narasumber lainnya yaitu Vina Muliana (BUMN Career Professional dan Education Content Creator).

Rektor Universitas Dharma Persada, Dr. Tri Mardjoko, S.E., M.A. dalam sambutannya mengatakan webinar ini sangat bagus dalam mengubah mindset mahasiswa untuk mempunyai semangat yang tinggi dalam menggapai cita-citanya.

Baca juga :  Lama Durasi Sikat Gigi Yang Dianjurkan

“Topik yang sangat bagus dalam webinar ini. Bagaimana mahasiswa dalam mengasah mindset positif untuk mengubah segala keterbatasan dan tantangan yang ada menjadi sebuah mimpi yang besar.”, sambut Dr. Tri Mardjoko, S.E., M.A.

Beliau juga menyampaikan, tahap awal dalam mind diet adalah seorang harus mampu menentukan mimpi besarnya yang tidak realistis.

Hal ini diperlukan agar tahap selanjutnya tumbuh mindset atau pemikiran yang positif untuk menggapai mimpi-mimpi tersebut.

“Coba kita lihat seorang Tukul Arwana. Awalnya Tukul merupakan seorang yang kehidupannya minim, tidak tamat SMP, orang tuanya sulit, bergaul dengan tukang supir angkot, dll. Tapi lihat apa yang dimiliki seorang Tukul. Ia memiliki mimpi untuk menjadi seorang komedian ternama di Indonesia. Akhirnya ia berjuang tahap demi tahap untuk keluar dari keterbatasannya untuk menggapai mimpi tersebut.”, ujar Dr. Firsan Nova ini.

Menurut alumni S1 Manajemen Unsada ini saat kita sudah memiliki mimpi tersebut, kita perlu untuk memilah mana saja perkataan yang memotivasi kita meraih mimpi tersebut dan orang-orang yang tepat untuk mendukung kita.

“Terkadang teman-teman, ada orang yang mau mendukung dan menghalangi kita untuk menggapai mimpi-mimpi tersebut. Misalnya, seorang mahasiswa datang kepada saya yang mengatakan ia mendapatkan undangan untuk mengikuti MUN di Malaysia tapi sayangnya ia tidak memiliki dana untuk terbang kesana.

Baca juga :  Cara Cepat Dan Mudah Menurunkan Kolesterol: Hindari Gorengan, Tingkatkan Olahraga

Saya menjawab, untuk apa kesana, biaya sudah sulit tapi ingin kesana. Mahasiswa itu mengatakan, Ia mas. Saya memiliki motivasi untuk mendukung portofolio dan masa depan saya. Kalau begitu saya carikan bantuannya. Yang penting kamu persiapkan diri kamu.”, pungkas Dr. Firsan Nova.

Dari sini kita belajar, kita perlu mimiliki Mind Diet untuk mengubah pemikiran yang tidak mungkin menjadi kenyataan.

Ia juga menambahkan di akhir sesi pemaparan materinya ketika sedang berproses dalam meraih mimpi, tanamkan dalam diri kita untuk tidak melihat rumput tetangga.

“Saat kita sedang berproses, jangan sekali-kali melihat rumput tetangga karena rumput tetangga akan selalu lebih indah dan membuat kita menjauh dari mimpi kita. Kalau sudah tahu, fakta itu dapat menyakiti dirimu. Maka abaikanlah setiap fakta tersebut dan ubahlah fakta dan kepahitan tersebut menjadi sebuah hal yang menyenangkan. Agar kita semakin menikmati setiap proses dalam mencapai mimpi kita.”, tutup Dr. Firsan Nova.

Pemaparan materi narasumber lainnya juga tidak jauh berbeda.

Penerima penghargaan Best Learning and Education Content Creator Tiktok 2022, Vina Muliana, mengatakan mindset perlu ditanamkan sedari awal untuk membangun karir agar lebih baik.

Baca juga :  Berpuasa Saat Aktivitas Mulai Normal, Pilih Asupan Makanan Dan Minuman Yang Tepat Saat Berbuka Puasa

“Mindset perlu ditanamkan saat kita mengawali karir di dunia professional. Menanamkan mindset membuat kita selangkah lebih maju daripada teman-teman kita lainnya. Mindset dibutuhkan untuk memperkuat dan memperteguh mimpi-mimpi lain yang hendak kita capai dalam dunia professional.”, pungkas Vina Muliana.

Ia juga menyampaikan perlu untuk membuang segala mindset buruk dalam diri sendiri karena penghambat terbesar untuk meraih mimpi kita adalah diri sendiri.

“Mimpi yang besar dimulai dari apa yang kita pikirkan. Namun terkadang pikiran kita akan cenderung merespon segala hal yang terjadi dari luar yang membuat mindset positif tersebut menjadi negatif. Hal tersebut lama kelamaan menghambat kita untuk menggapai mimpi ini. Jadi, sedari dini, kita perlu membuang semua bentuk mindset negatif itu agar tidak menenggelamkan mimpi-mimpi kita.”, saut Vina Muliana sekaligus menutup pemaparan materi yang kedua.